Wednesday 23 December 2009

PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN PRODUKSI SANDAL



Oleh: Khoirul Taqwim

  1. Latar Belakang

Melihat kenyataan banyaknya persaingan dalam melakukan usaha, maka perlu adanya suatu pemikiran untuk mendirikan perusahaan yang mampu mengimbangi perusahaan-perusahaan yang maju, perlu didirikan perusahaan yang mampu bersaing dalam segala bidang terutama di bidang pemasaran.

Usaha harus mampu melihat prospek masa depan agardalam usaha nanti dapat berhasil, karena dengan adanya visi dan misi yang mapan akan mampu merekrut penghasilan yang besar, diperlukan analisis yang tajam baik dalam produksi maupun pemasaran.

Sulitnya ekonomi menimbulkan banyaknya perusahaan untuk merebut peluang dalam pasar yaitu perlu adanya suatu manajemen ekonomi dalam usaha untuk memperlancar ekonomi.

Berangkat dari sulitnya mencari peluang kerja, maka disitu perlu adanya usaha berwirausaha membuat perusahaan sandal agar dapat memenuhi kebutuhan primer maupun skunder. Untuk mengembangkan itu diperlukan berbagi dukungan berupa fisik maupun psikis dan mampu bekerjasama dengan berbagi konstitusi baik dalam produksi maupun pemasaran dan mampu menciptakan usaha yang berkwalitas serta mampu mengarah kepada prospek yang lebih cerah.

Banyaknya persaingan dalam dunia kerja menjadi pendorong untuk memotivasi agar dalam usaha nanti mampu bersaing dan mandiri dalam berwirausaha memproduksi dan memasarkan sandal nanti yaitu perlu adanya paradigma pemikiran yang matang dan dapat direalisasikan dengan baik, agar hasilnya berwirausaha berhasil secara totalitas, untuk sekarang dan masa depan nanti.

 

  1. Identitas pemilik          : Khoirul Taqwim

TTL                           : Nganjuk, 6 juni i982

Alamat rumah           : Nganjuk

Pengalaman kerja     : 2 Tahun

Nomor Telpon         : 085736726474

E-mail                     : taqwim_awing@yahoo.com

 

  1. Data Perusahaan

Nama perusahaan: Awing karya

Alamat Kantor: Nganjuk Jawa Timur

Bidang usaha: Wira swasta

Bentuk badan usaha: Persero

 

  1. Aspek produksi

Produksi merupakan salah satu mata rantai dari rangkaian kegiatan

    1. Jumlah mesi

-         Mesin jahit 5

-         Kompresor 2

-         Jarum 100

-         Alat transportasi 2

 

    1. Kapasitas produksi

        Satu hari dapat menghasilkan 200 pasang

 

    1. Jumlah produksi rata-rata 200 pasang

 

    1. Sumber bahan baku

-         Benang

-         Karpet

-         Sol

-         Plastik

-         Lem

-         Benang

 

  1. Aspek Pemasaran

Distribusi yang dilakukan produsennya sendiri

-         Menyerahkan barangnya kepada perwakilannya didaerah selanjutnya didistribusikan langsung kepada took-toko sandal yang berfungsi sebagai, agen dengan demikian jalan distribusi menjadi lebih pendek.

-         Sistem pembayaran dan pembelian

Melalui jalan pengiriman barang dengan cara meletakkan barang yang sudah laku, maka pemeli akan membayarnya.

 

-         Konsumen sasaran

Importir dengan jalan menyalurkan barang dagangan

1.      Badan usaha (produsen besara)

2.      Perwakilan atau cabang didaerah

3.      distribusi (pedagang besar)

4.      Subdistributor (pedagang menengah)

5.      Retailor (pedagang eceran)

 

-         Wilayah pemasaran

1.      Pasar atau toko tradisional

2.      Pasar raya

3.      Toko serba ada

4.      Pasar Abstrak

 

-         Penguasaan pasar

Pengusaha mampu melihat peluang mencari dana daya untuk memanfaatkan peluang tersebut, serta berani menanggung resiko atas pelaksanaannya.

           

-         Segmentasi pasar

1.      Sunber daya alam

2.      Sumber daya manusia

3.      Sumber daya dan dana modal

4.      Kewiraswastaan dan laba pengusaha.

5.      Aspek Keuangan

No comments:

Post a Comment