Monday 4 April 2011

Ajaran Hak Azazi Manusia Mengambil Dari Tepa Selira


Kita sering sekali mendengar maupun melihat tentang bahasa HAM yang di cetuskan bangsa barat, ternyata saya di bikin kaget di saat membaca tentang nilai yang ada di HAM, lalu apakah benar HAM mengambil dari nilai tepa selira atau itu hanya kebetulan belaka?............

Falsafah tepa selira mengandung makna yang dalam tentang tata nilai kemanusiaan yang toleran dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, sehingga HAM yang di cetuskan bangsa barat tak lepas dari nilai tepa selira dalam menghargai keberadaan sesama manusia.

Sebelum lebih jauh terlebih dahulu kita pahami tentang makna Hak Asasi Manusia, pegertian HAM adalah hak yang melekat pada diri setiap manusia sejak awal dilahirkan yang berlaku seumur hidup dan tidak dapat diganggu gugat siapa pun.

Sedangkan tepa selira mengandung makna tenggang rasa yang toleran dan berempati, berangkat dari situlah ternyata nilai HAM mempunyai kesamaan makna yang terdalam dengan nilai tepa selira dalam mengusung sebuah hubungan antar sesama yang toleran dan saling menghargai satu sama lain.

Nilai kesamaan dari HAM dengan tepa selira itu merupakan kebetulan atau memang HAM mengambil falsafah dari tepa selira, berangkat dari situlah letak yang dapat kita diskusikan tentang sebuah rumusan mengenai nilai kemanusiaan.

Salam dari kami Jejaring sosial kiber (www.kitaberbagi.com).........

No comments:

Post a Comment